Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Artikel terkait : Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi bukan hanya memiliki fungsi untuk mengunyah makanan, tetapi juga memiliki fungsi estetika tertentu untuk manusia. Gigi juga dapat menjadi tanda kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, oleh karena itu kita diharuskan untuk menjaga kesehatan gigi secara benar dan rutin. Bertujuan agar gigi terhindar dari kerusakan, dan penyakit-penyakit yang bisa menginfeksi gigi itu sendiri.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Perlu Anda ketahui, bahwa kerusakan pada gigi juga bisa menimbulkan gangguan pada organ tubuh yang lain. Penelitian menunjukan, bahwa komplikasi yang sering terjadi pada bagian saraf tubuh di akibatkan karena kerusakan pada gigi.

Kerusakan gigi sering terjadi akibat tidak adanya kesadaran akan merawat gigi dengan baik. Biasanya, orang-orang tidak terlalu perduli dengan apa yang terjadi pada kesehatan gigi mereka. Terkadang orang yang memiliki gigi tidak sehat akan sadar jika gigi yang di miliki sudah mulai keropos dan bolong. Alhasil, mereka sudah terlambat untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada gigi.

Gigi busuk, karang gigi, dan gusi berdarah adalah beberapa tanda yang timbul dari kesehatan gigi yang tidak maksimal. Untuk itu, sering-seringlah memeriksa kesehatan gigi dan mulut Anda agar Anda mengetahui gejalanya dan bisa segera mencegahnya. Dengan demikian, Anda akan mengetahui apakah gigi yang Anda miliki masih dalam keadaan sehat ataupun sudah rusak.

Ingin mengetahui apakah gigi Anda sehat? Mari cek beberapa indikator berikut ini.

5 Indikator yang Menunjukan Bahwa Gigi Dalam Keadaan Sehat

Beberapa indikator ini bisa menjadi panduan Anda dalam mengetahui apakah gigi Anda dalam keadaan sehat atau tidak. Jika gigi Anda tidak sehat, maka seharusnya Anda harus mengatasi kesehatan gigi secepatnya.

Gigi putih

Gigi putih menunjukan bahwa tidak adanya lapisan kotoran ataupun bekas dan sisa makanan yang menempel pada gigi Anda. Gigi putih bukan hanya membuat senyuman Anda semakin indah, tetapi lebih kepada penjelasan bahwa gigi Anda masih dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Lidah lembab

Lidah lembab, tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering juga dapat menunjukan bahwa lidah Anda dalam keadaan sehat. Lidah lembab juga dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri pada mulut, yang membuat gigi rusak. Untuk itu, jika Anda menyikat gigi usahakan untuk selalu menyikat bagian lidah juga.

Gusi berwarna merah muda

Jika Anda memiliki gusi berwarna merah muda, berarti gusi Anda memiliki peredaran darah yang sangat lancar. Dengan keadaan gusi yang seperti ini, gigi Anda juga akan tetap terjaga kesehatannya dan bermanfaat untuk menahan gigi agar tetap ditempatnya. Berbeda dengan gusi berwarna hitam atau pucat, biasanya gusi seperti ini memiliki peredaran darah yang kurang lancar dan tentunya akan menyebabkan kerusakan terhadap gigi.

Tidak ada gigi berlubang

Lubang dalam gigi dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh bagian gigi ataupun mulut. Karena lubang tersebut menjadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri, dan bakteri tersebut terus berkembang dan menyebar ke seluruh permukaan mulut dan gigi.

Tidak ngilu, dan dapat mengunyah dengan baik

Sering orang mengalami ngilu saat meminum minuman yang dingin, yang menandakan bahwa mereka memiliki gigi yang sensitif. Keadaan itu memiliki tanda bahwa gigi yang Anda miliki belum sehat maksimal. Karena jika gigi Anda sehat, maka Anda dapat mengunyah dengan baik dan tidak merasakan ngilu pada saat meminum minuman dingin.

Jika gigi Anda tidak memiliki salah satu indikator di atas, maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda memiliki gigi yang kurang sehat. Tetapi, kesehatan gigi dan mulut dapat dengan mudah Anda tingkatkan dengan cara yang sangat sederhana seperti menggosok gigi secara rutin, menyikat lidah, dan selalu berkumur. Dan jika semua itu sudah Anda lakukan, maka jangan pula Anda lupa untuk memeriksakan gigi sekitar 6 bulan sekali.

Mulailah Kebiasaan Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini

Kebiasaan baik memang seharusnya diajarkan sejak dini. Apalagi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, mereka di anjurkan untuk rutin menggosok gigi dan merawat gigi agar tidak cepat rusak. Tetapi, banyak anak-anak yang tidak mau untuk merawat gigi dan setelah mengalami kerusakan, mereka juga tidak mau mengatasi kerusakan pada gigi.

Disini peran orang tua sangatlah penting. Jika Anda sebagai orang tua yang kesulitan untuk mengatur anak dalam hal menyikat gigi, maka Anda harus terus mengawasi dan mengajarkan anak-anak untuk perduli terhadap kesehatan gigi mereka.

Untuk pemilihan pasta gigi sendiri, Anda disarankan untuk memilih pasta gigi yang memiliki kadar flouride yang tidak berlebihan. Karena kadar flouride yang berlebihan akan membuat anak semakin takut untuk menggosok gigi. Menurut penelitian, kandungan flouride dapat mencegah plak pada gigi, sedangkan untuk bayi, flouride bisa digunakan untuk suplemen tetes pada gigi sejak 2 minggu pertama kelahiran. Bertujuan untuk mencegah terjadinya plak ketika giginya tumbuh nanti.

Pemberian suplemen flouride juga tidak dianjurkan terlalu berlebihan. Karena jika pemberian suplemen ini berlebihan terhadap bayi, maka efeknya akan menyebabkan perubahan warna pada lapisan gigi si bayi.

Jika Anda sudah mengajarkan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini, maka dengan demikian anak akan terbiasa untuk merawat dan membersihkan gigi setiap waktu secara rutin. Hal ini juga perlu ditambahkan dengan berbagai penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak. Agar si anak menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi bagi organ tubuh lainnya.
Pemakaian Penyegar Mulut (Mouthwash) Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
Dewasa ini juga banyak produk-produk yang menawarkan kesehatan gigi dan mulut secara murah. Tetapi, tentunya akan ada efek samping bila Anda tidak mengerti cara pemakaian penyegar mulut itu sendiri.

Jadi, bagaimana dengan penggunaan mouthwash? Sebelum memutuskan untuk menggunakan penyegar mulut (dengan cara berkumur) Anda harus mengetahui fisik dari gigi Anda secara luas dan menyeluruh. Karena, jika orang yang memilikimembran mukosa kering atau mudah terkena iritasi, maka penggunaan alkohol yang terdapat pada mouthwash akan menambah membran mukosa menjadi sangat kering. Tentunya hal ini akan menambah memperparah kondisi kesehatan gigi dan mulut pengguna.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan dengan mudah memilih produk mouthwash agar tidak salah dalam pemakaiannya. Untuk Anda yang memilikimembran mukosa kering, disarankan untuk memilih produk mouthwash yang tidak mengandung banyak alkohol, dan jika bisa yang tidak mengandung kadar alkohol sama sekali,.

Perawatan mulut yang rutin dan benar dapat memelihara integritas membran mukosa, gusi, gigi, dan bibir. Serta dapat menghindarkan gigi dari kerusakan yang fatal akibat kurangnya perawatan gigi dan mulut. Ciptakan kepedulian terhadap kesehatan gigi dan mulut mulai sejak dini, agar keadaan gigi dan mulut anak tetap sehat hingga mencapai umur 12 bulan. Begitu juga untuk Anda yang sudah menginjak masa remaja dan dewasa, disarankan untuk selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan rutin dan teratur. Selalu periksa gigi Anda agar tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari segala jenis penyakit yang bisa membuat gigi rusak.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger