Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Tips Lengkap Merawat Organ Intim Wanita

Artikel terkait : Tips Lengkap Merawat Organ Intim Wanita

Berbicara mengenai kesehatan sistem reproduksi yang dimiliki oleh wanita, banyak orang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai cara merawatnya. Sistem reproduksi yang sehat berarti memiliki keadaan yang stabil dan sistem reproduksi yang normal. Sistem reproduksi pada wanita dirancang untuk melaksanakan beberapa fungsi, dan rancangan tersebut sangatlah sempurna sehingga memungkinkan adanya kehidupan baru yang terbentuk dengan normal.

Tips Lengkap Merawat Organ Intim Wanita
Tips Lengkap Merawat Organ Intim Wanita

Untuk itu, menjaga kesehatan reproduksi wanita sangatlah penting, karena alat reproduksi adalah salah satu bagian vital yang dimiliki oleh seorang perempuan.

Berdasarkan definisi yang di umumkan oleh Departemen Kesehatan bahwa, kesehatan sistem reproduksi adalah keadaan sehat secara menyeluruh serta proses reproduksi yang normal. Sama seperti poin pertama yang sudah Saya sebutkan tadi, bahwa kesehatan reproduksi sangatlah penting.

Sistem reproduksi adalah sistem yang sangat rentan terinfeksi atau terluka.

Anatomi Sistem Reproduksi Wanita

Alat reproduksi wanita meliputi payudara, ovarium, tuba falopi, rahim, leher rahim, dan vagina. Pada masa pembuahan, jenis kelamin bayi akan ditentukan oleh kromosom dari kedua orang tuanya. Disini Ovarium akan menghasilkan sel telur dan hormon eksterogen yang berfungsi untuk mengatur sistem reproduksi.

Sistem reproduksi wanita terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian dalam dan bagian luar. Tentunya, setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasan secara singkat tentang dua bagian tersebut.

Alat Reproduksi Bagian Dalam

  • Bibir kemaluan (labia mayora), yaitu daerah berambut yang berfungsi untuk menjaga agar bagian organ intim tetap lembab.
  • Bibir dalam kemaluan (labia minora), daerah yang tidak berambut dan memiliki jaringan sensorik yang sangat luas. Memiliki kepekaan yang tinggi, karena adanya kandungan ujung saraf.
  • Vagina, rongga penghubung antara alat reproduksi wanita bagian dalam dan bagian luar.

Alat Reproduksi Bagian Luar

  • Vagina bagian luar, merupakan jalan keluar untuk darah haid dan jalan untuk proses pengeluaran bayi (karena vagina memiliki sifat kelenturan yang sangat tinggi)
  • Leher rahim (cervix), penghubung antara vagina ke rahim.
  • Rahim (uterus), dimana merupakan tempat sel telur yang sudah dibuahi tumbuh dalam rahim selama masa kehamilan. Bisa sel telur tidak dibuahi, maka akan menempel pada dinding rahim. Karenanya, dinding rahim akan menebal lalu mengalir keluar berbentuk darah. Itulah proses terjadinya haid (menstruasi).
  • Saluran telur (tuba falopi), dua saluran yang terletak pada bagian kanan dan kiri rahim.
  • Dua buah indung telur (ovarium), berfungsi mereproduksi sel telur dan hormon perempuan. Hormon tersebut adalah eksterogen dan progesterone.

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan reproduksi perempuan memang tidak semudah apa yang sering dibayangkan. Karena bagian ini merupakan bagian paling sensitif yang ada pada tubuh seorang wanita.

30%-40% kasus infertilitas disebabkan oleh wanita yang mempunyai kelainan ovulasi dan masalah pada sistem reproduksi mereka. Untuk itu, Anda harus belajar menjaga kesehatan organ intim wanita agar terhindar dari penyakit yang bisa timbul pada sistem reproduksi wanita.

Berikut beberapa tips untuk menjaga alat reproduksi wanita

  1. Berhenti merokok
  2. Menjaga berat badan agar selalu ideal
  3. Lakukanlah hubungan seks yang aman, tidak disarankan untuk melakukan hubungan seks dengan cara berganti-ganti pasangan
  4. Hindari infeksi yang mungkin terjadi pada vagina
  5. Hindari douching, atau memasukkan jari pada organ wanita
  6. Jika memasuki masa menstruasi, sering-seringlah mengganti pembalut.
  7. Jangan menggunakan sabun atau gel pada bagian vagina. Hal ini akan menyebabkan vagina menjadi kering, dan bisa menyebabkan iritasi kulit.
  8. Lakukan pembersihan pada alat vital setelah buang air kecil (kencing)

Berbekal 8 tips diatas, dapat membantu Anda menjaga kesehatan reproduksi wanita. Apalagi, jika Anda yang masih menginjak masa remaja. Anda juga harus mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi wanita remaja, agar nantinya tidak akan terjadi hal yang tidak di inginkan dalam jangka waktu yang panjang.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan bahwa masalah kesehatan reproduksi remaja yang terjadi di seluruh dunia mempunyai angka yang lumayan besar. Pada dasarnya, kerentanan sistem reproduksi bukan hanya berasal karena faktor biologis, tetapi cara perawatan dan menjaganya yang menjadi salah satu faktor utama untuk selalu memiliki sistem reproduksi yang sehat.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger