Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Akibat dan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras

Artikel terkait : Akibat dan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras

Saat ini bukan hanya para pria saja yang suka mengonsumsi minuman keras, tetapi juga para wanita. Terlebih ada yang menjadikan minuman keras sebagai minuman sehari-harinya. Meski mereka mengetahui bahaya minuman keras, tetapi tidak menjadi masalah bagi mereka. Para peminum miras (minuman keras) baru berhenti meminumnya apabila mereka sudah merasakan sendiri dampaknya.

Akibat dan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras
Akibat dan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras

Bukan hanya soal minuman keras saja, bahkan hal-hal lain yang memiliki dampak negatif juga sama. Kebanyakan orang akan berhenti melakukannya apabila mereka telah mengalami sendiri akibatnya. Banyak yang sudah mengetahui bahaya minuman keras, tetapi tetap meminumnya, bahkan ada beberapa yang sering sekali meminumnya. Ada sebagian orang yang hanya sekadar tahu saja, ada yang sudah tahu dan tidak meminumnya lagi. Selain itu, ada juga yang sudah tahu, tetapi tetap mengabaikannya.

Bagi orang muslim, miras merupakan salah satu minuman yang diharamkan. Apapun ragam nama yang digunakan manusia untuk menyebutnya dan bisa membuat orang yang mengonsumsinya kehilangan akal serta mabuk, seperti arak, bir, ganja dan semacamnya. Minuman sejenis itu hukumnya adalah haram. Meski kita sedikit mencobanya karena rasa penasaran, tetaplah kita akan berdosa.

Rasulullah saw. mengartikan miras (khamr) sebagai sesuatu yang memabukkan sehingga mengakibatkan hilangnya akal. Sementara itu, akal adalah organ mulia yang dianugerahkan oleh Allah swt. untuk mengendalikan gerak-gerik anggota tubuh. Selain itu, Rasulullah saw. pernah bersabda: "Minuman apapun itu kalau banyaknya memabukkan, maka sedikitnya pun adalah haram." (HR. Ahmad, Abu Daud, dan AT Tirmidzi).

Dalam salah satu hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, Nabi Muhammad saw. melaknat miras (khamr) yang memabukkan yang melingkupi sepuluh kelompok, yaitu yang memerasnya, yang minta diperaskan, yang meminumnya, yang membawanya, yang minta diantarkan, yang menuangkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang makan hasil penjualannya, dan yang minta dibelikan.

Sekarang ini mengonsumsi miras seakan telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang di Indonesia. Seakan-akan bila kita tidak pernah mengetahui rasanya dan tidak pernah meminumnya, kita tidak gaul. Hal ini membuat merasa malu apabila ada seorang teman yang mengetahui bahwa kita belum pernah mencoba miras. Banyak dari mereka yang awalnya hanya coba-coba, akhirnya menjadi ketagihan dan tidak bisa meninggalkan miras.

Akibat dari Minuman Keras untuk Kesehatan

Minuman keras atau minuman beralkohol merupakan minuman yang di dalamnya terkandung etanol. Etanol merupakan bahan psikoaktif dan apabila mengonsumsinya mengakibatkan penurunan kesadaran. Etanol sendiri dapat diproduksi dari proses permentasian gandum, buah, atau ragi. Selain itu, etanol merupakan macam alkohol yang dapat diciptakan secara alami.

Selama ini kebanyakan orang mengetahui dampak dari mengonsumsi minuman keras hanyalah mabuk saja. Nyatanya, banyak sekali bahaya minuman keras yang bisa berdampak pada diri kita baik secara langsung maupun tak langsung bila kita meminumnya dalam dosis yang berlebihan.

Ada beberapa bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai berikut.

Membuat Saraf Rusak

Miras bisa menyebabkan kecanduan yang luar biasa karena di dalam miras terkandung zat aditif. Apabila dikonsumsi secara kontinu, akan memicu kerusakan saraf otak yang mengakibatkan pengonsumsinya dengan gampang hilang akalnya, kesetimbangan, dan indera perabanya akan semakin berkurang sensitivitasnya.

Sakit Jantung

Salah satu bahaya minuman keras yang akan terjadi dalam jangka pendek adalah melonjaknya denyut jantung. Di samping itu, kondisi jantung pun akan melemah hingga tak bisa bekerja secara maksimal. Hal ini terjadi disebabkan miras bisa merusak sel-sel di dalam tubuh yang juga termasuk sel-sel jantung. Imbasnya, kemampuan jantung akan tak maksimal.

Menurunnya Hasrat Seksual

Bahaya minuman keras bagi yang sudah beristri, yaitu apabila sering sekali mengonsumsinya maka bisa mengakibatkan menurunnya hasrat seks dan berikutnya akan memicu terjadinya impoten.

Menurunnya Tingkat Keinsafan

Banyak bukti dan orang yang telah mengalaminya bahwa seseorang yang mengonsumsi miras jenjang sosialnya menyusut, menjadi pendiam, afeksinya meningkat dan menjadikannya cepat tersinggung juga menurunnya tingkat konsentrasi.

Metabolisme Tubuh menjadi Terhambat

Bahaya minuman keras yang lainnya, yaitu mengakibatkan rusaknya fungsi hati. Lantaran fungsi hati untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, jika hati sampai rusak maka metabolisme tubuh pun akan terganggu.

Mabuk

Sudah jelas dan merupakan imbas dari meminum miras yang telah diketahui oleh banyak orang. Bahaya minuman keras yang lain yaitu dapat mengakibatkan mual, muntah, nyeri pada bagian tubuh tertentu, dan sakit kepala.

Akibat dari Minuman Keras bagi Wanita

Minuman keras juga sangat berbahaya bagi wanita. Pengomsumsian miras yang berlebihan lebih berefek buruk untuk wanita. Pada kenyataannya, penelitian telah membuktikan bahwa wanita lebih cepat mabuk bila dibandingkan dengan pria. Para dokter memperingatkan bahwa penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alkohol lebih cepat kelihatan pada wanita.

Ada beberapa imbas dari minuman keras bagi wanita, antara lain sebagai berikut.

Gangguan pada Bakal Bayi

Meminum miras pada saat sedang hamil akan mengakibatkan sesuatu yang fatal. Bagi para ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari meminum minuman keras karena nutrisi untuk si janin bayi bakal terganggu. Karena bila mereka mengonsumsi miras, nantinya bagi yang dilahirkan akan berada dalam keadaan yang kurang sempurna. Selain itu, kesehatan janin yang dikandung tergantung dari pola makan serta tingkah laku sang ibu.

Merusak Liver

Imbas kerusakan liver pada wanita lebih cepat terjadi dibandingkan dengan pria. Komposisi air yang ada di dalam tubuh wanita lebih kecil bila dibandingkan dengan pria. Pada tubuh wanita hanya ada 55% air, sedangkan pada pria ada 65% air. Untuk itu, wanita lebih gampang mabuk.

Alkohol yang diserap ke dalam darah dibawa oleh air ke dalam sel. Karena air yang ada di dalam tubuh wanita lebih sedikit, maka konsentrasi alkohol di dalam darah lebih tinggi walaupun mereka meminum miras dalam kadar yang sama dengan pria. Sekalipun organ hati wanita tidak sensitif pada alkohol, tetapi konsentrasi alkohol di dalam tubuh wanita tersebut akan membuat liver wanita makin cepat rusak dibandingkan pria.

Kekebalan terhadap Penyakit dapat Menurun dan Menyebabkan Kekurangan Gizi

Tidak ada satu pun orang yang bisa mengatakan dengan pasti apakah hal tersebut benar atau tidak. Namun, menolak untuk minum alkohol mungkin salah satu cara bagi seorang wanita agar bisa tetap sehat dan terlihat lebih muda.

Akibat Psikis dari Minuman Keras

Selain imbas bagi kesehatan dan bagi wanita, ada juga imbas psikis dari bahaya minuman keras. Beberapa imbas psikis tersebut, antara lain sebagai berikut.

Kemampuan Mengingat Terganggu

Meminum miras bisa membuat daya ingat terganggu. Gangguan kemampuan mengingat adalah ciri awal dan menonjol pada demensia seperti demensia tipe Alzheimer. Pada mula perjalanan demensia, gangguan kemampuan mengingat adalah enteng dan teramat jelas untuk kejadian yang baru terjadi.

Peranjakan Kepribadian

Peralihan karakter adalah cermin yang paling menghantui bagi keluarga pasien yang tertimpa. Masih banyak lagi bahaya minuman keras yang akan timbul apabila kita terus mengonsumsinya. Memang kebanyakan dan seringnya imbas parah tidak langsung kita alami, tetapi suatu saat imbas tersebut pasti akan kita alami.

Mencoba sesuatu yang belum pernah kita coba dan karena rasa penasaran yang besar, terkadang membuahkan sesuatu yang tidak baik khususnya untuk hal-hal yang mengarah ke hal negatif. Contohnya minuman keras.

Namun, akan lebih baik jika kita tidak pernah mencoba mengonsumsi minuman keras dan mencoba menjauhinya apabila sudah mulai kecanduan. Agar nantinya imbas terburuk dari minum minuman keras tidak terjadi pada kita. Selain itu, bahaya minuman keras lainnya juga tidak kita alami. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger