Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Penyabab dan Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit

Artikel terkait : Penyabab dan Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit

Jerawat ada karena pori-pori kulit kita tersumbat sehingga menimbulkan benjolan yang di dalamnya terdapat nanah yang meradang. Ada banyak penyebabnya, bisa karena hormonal atau perubahan hormon lain yang memicu untuk timbulnya jerawat, seperti menstruasi, pemakain pil KB, stress atau kehamilan.

Jerawat Pada Kulit
Penyabab dan Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Selain diakibatkan karena kotoran yang terdapat di kulit, jerawat banyak diakibatkan karena faktor dari dalam tubuh, seperti produksi minyak di kulit berlebihan sehingga menyebabkan penyumbatan saluran polikel rambut dan pori-pori kulit.

Jerawat tidak hanya tumbuh di kulit muka saja, di bagian tubuh yang lain pun tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh jerawat. Seperti di kulit kepala, leher, atau bahkan bagian hidung dalamnya.

Setiap orang berkemungkinan untuk terserang jerawat, namun ada yang jerawatnya biasa saja, ada yang memang jerawatnya selalu datang dan pergi sehingga membutuhkan perawatan yang serius.

Penyebab Munculnya Jerawat

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kulit. Namun secara umum, ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat, yaitu sebagai berikut.

Akibat Aktivitas Hormon

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahwa setiap orang akan melewati masa pergantian siklus hormonal terutama pada masa remaja yang dikenal dengan masa pubertas, yaitu masa ketika seseorang menginjak usia remaja. Pada masa ini, seorang yang memproduksi hormon bisa mengakibatkan kelenjar minyak yang berlebih. Siklus hormonal juga terjadi pada masa menstruasi seorang wanita yang salah satunya menyebabkan munculnya jerawat.

Produksi minyak yang berlebih

Selain karena kulit yang kotor, jerawat pun muncul akibat dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Keadaan inilah yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan saluran folikel rambut. Hal ini bisa dikarenakan salah makan atau tidak cocok dengan makanan tertentu.

Faktor keturunan atau genetik

Faktor genetik atau keturunan ternyata turut mempengaruhi munculnya jerawat. Jadi, jika orangtua baik dari ayah atau dari ibu termasuk orang yang mudah terkena jerawat, kemungkinan ini juga bisa terjadi pada anaknya.

Akibat sel kulit mati

Seiring bertambahnya usia, akan terjadi pergantian sel-sel di dalam tubuh, tidak terkecuali dengan kulit. Sel-sel yang mati akan digantikan dengan sel-sel yang baru. Akan tetapi, jika tidak telaten dalam merawat kulit, misalnya jarang dibersihkan atau dibersihkan, tapi tidak benar-benar bersih, maka sel-sel ini akan menumpuk dan bercampur dengan minyak yang berlebihan akhirnya berakibat iritasi dan menimbulkan jerawat.

Akibat bakteri

Jika sel kulit yang mati dan minyak yang berlebih terinfeksi oleh bakteri, otomatis juga akan menginfeksi pada kulit. Kulit yang sudah terinfeksi karena bakteri inilah yang akan mengalami iritasi sebagai bentuk reaksi tubuh/kulit dalam melawan bakteri dari luar yang berbahaya.

Pengunaan atau konsumsi obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Obat-obatan yang mengandung unsur kimia tertentu, seperti kortikosteroid baik yang diminum maupun yang penggunaanya dioles bisa mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh. Dengan menurunnya daya tahan tubuh, maka aktivitas bakteri patogen akan meningkat. Peningkatan aktivitas bakteri, produksi minyak berlebih, dan penyumbatan pori-pori karena menumpuknya sel kulit mati akan mengakibatkan munculnya jerawat.

Karena pemakaian kosmetik

Mengapa kosmetik pun bisa menyebabkan jerawat? Hal itu dikarenakan banyak dari kosmetik yang beredar di pasaran mengandung zat-zat yang tidak cocok untuk kulit. Jika si A cocok menggunakan kosmetik X, belum tentu si B cocok menggunakan kosmetik yang sama. Jenis kosmetik yang bisa menyebabkan jerawat adalah yang mengandung unsur minyak, zat pewarna, dan pengharum. Jadi, jangan sembarangan menggunakan kosmetik.

Faktor makanan dan minuman

Makanan dan minuman seperti apa yang bisa menyebabkan jerawat? Makanan dan minuman yang manis, dimasak dengan santan, es krim, dan minuman ringan yang mengandung kafein. Belum lagi makanan sekarang yang banyak digoreng.
Stres yang berlebihan

Tuntutan hidup zaman sekarang yang semakin dinamis, tekanan dari pekerjaan dan kemacetan di kota-kota besar tidak jarang dapat mengakibatkan stres. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada pola makan. Kebiasaan orang yang stress menjadikan makanan yang manis dan berlemak sebagai "pelarian" bisa memicu timbulnya jerawat.

Tips Mengatasi Jerawat

Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menghindari tumbuhnya jerawat.

  • Jaga kebersihan muka dengan cara sering mencuci muka setiap habis bepergian;
  • Jaga makanan yang masuk ke dalam tubuh;
  • Hindari stres;
  • Hindari produk kecantikan yang membuat berat kulit;
  • Bersihkan sesering mungkin jika Anda memakai kosmetik setiap hari;
  • Hindari juga ganti-ganti produk kecantikan; dan
  • Hindari mencuci muka saat kulit muka Anda berkeringat, diamkan dulu beberapa menit setelah itu baru cuci muka.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan jerawat. Semoga penjelasan yang disampaikan bermanfaat bagi Anda.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger