Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Sembilan Khasiat Si Mungil Kencur Bagi Anak

Artikel terkait : Sembilan Khasiat Si Mungil Kencur Bagi Anak

Kencur, umum ditemui di dapur. Ia berperan sebagai salah satu bumbu masak. Aromanya yang khas, membuat kencur cukup istimewa dibanding dengan rempah-rempah lain. Aroma yang segar ini biasa digunakan untuk menambah kesegaran pada sayur bening bayam.

Sembilan Khasiat Si Mungil Kencur Bagi Anak

Indonesia sudah dikenali sebagai sebuah negara yang kaya akan rempah-rempahnya. Salah satu rempah-rempah yang unik dan khas adalah kencur. Masyarakat Sunda menyebutnya dengan cikur. Setiap rempah-rempah memiliki keunggulan tersendiri. Termasuk kencur ini. Lalu, bagaimana khasiat kencur itu sendiri?

Ibu-ibu, bisa jadi merupakan kalangan masyarakat yang akrab dengan kencur. Ibu-ibu tersebut bisa membedakan kualitas kencur dari menciumnya seketika. Sungguh ajaib.

Sejak zaman dahulu, ketika obat belum begitu banyak seperti saat ini, kencur bisa berperan sebagai obat, terutama obat batuk. Caranya juga sederhana, Anda cukup mengunyahnya. Jangan tanya bagaimana rasanya, nikmati saja khasiatnya dalam jangka waktu tertentu.

Seperti rimpang jenis lain, kencur memiliki bentuk seperti umbi. Besarannya rata-rata seukuran ibu jari. Umbi-umbi pada kencur, seperti bertumpuk antara satu dan lainnya. Kencur juga memiliki kekhasan yang sama persis ada pada rimpang-rimpangan, yaitu memilii aroma yang khas dan sensasi hangat yang juga khas.

Kencur dengan nama ilmiah Kaempferia galanga tumbuh dengan umbi di dalam tanah. Daun yang muncul di permukaan tanah rata-rata hanya tiga sampai 5 helai. Jenis daunnya ada yang rata atau tegak berdiri. Daun kencur, juga biasa digunakan untuk menyedapkan makanan.

Sebagai tanaman yang tergolong sebagai tanaman herbal, seperti jahe, kunir, serai, dan salam, lengkuas, dan sebaganya, kencur memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Yang dapat terasa seketika adalah tubuh menjadi hangat dan terasa segar.

Kencur akan dapat tumbuh dan menghasilkan umbinya apabila ditanam di tanah yang gembur dan terlindung. Tanaman herbal berkulit cokelat ini dapat hidup di dataran rendah hingga tinggi. Anda bahkan bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

Seperti yang sudah sekilas dijabarkan di atas, kencur umumnya digunakan sebagai obat untuk batuk. Secara luas, kencur baik untuk kesehatan organ pernafasan. Seperti sakit pada tenggorokan. Selain dapat berkhasiat untuk menyembuhka sakit pada bagian tenggorokan, kencur juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan perut yang kembung.

Kencur, sebagai obat batuk yang alami, sangat cocok jika menjadi obat batuk pada anak-anak. Tidak akan ada efek samping akibat penggunaan kencur yang berlebihan.

Cara untuk mengobati batuk pada anak dengan kencur adalah dengan memarut atau menumbuk kencur, tambahkan satu sendok makan air hangat, kemudian remas-remas hingga sari kencur keluar dan tercampur. Selanjutnya, saring dan beri sedikit tambahan madu. Ramuan obat batuk kencur siap diberikan pada balita Anda.

Tidak berhenti sampai di situ, kencur juga mendapat kepercayaan dari masyarakat banyak untuk membantu menghilangkan capek atau lelah pada tubuh akibat aktivitas yang padat. Kelelahan atau terlalu capek, biasanya berimbas pada nafsu makan yang turun. Dalam hal ini, kencur bisa mengembalikan nafsu makan Anda.

Hal yang lebih ajaib lagi adalah bahwa kencur memiliki khasiat untuk dunia kecantikan. Jadi, dengan mengonsumsi kencur, bukan hanya tubuh Anda yang sehat, melainkan juga kecantikan Anda tetap terjaga. Khasiat kencur yang satu ini sepertinya cukup menarik bagi sebagian besar kaum Hawa.

Khasiat Si Mungil Kencur Bagi Anak

Berikut ini adalah beberapa khasiat kencur yang baik untuk tubuh.

Kencur Sebagai Obat Batuk

Bosan dengan obat batuk dari dokter atau membelinya di apotek? Anda bisa mencoba mulai memanfaatkan kencur yang ada di dapur. Caranya, ambil lima buah kencur seukuran ibu jari. Anda bisa mengupas kulitnya atau tidak, bebas saja. Cuci hingga bersih, tidak ada tanah yanng tersisa. Kemudian, parut atau haluskan kencur.

Peras kencur yang sudah diparut hingga sarinya keluar. Kemudan tambahkan setengah gelas air hangat ukuran standar. Saring. Tambahkan madu dan perasan jeruk nipis ke dalam gelas. Minum selagi hangat. Konsumsi perasan kencur ini hingga 3 kali satu hari. Akan lebih baik jika Anda mengobati ketika batuk belum terlanjur parah.

Kencur untuk Mengobati Kencing Batu

Siapa sangka, bahwa kencur juga bisa mengobati penyakit kencing batu?! Anda mungkin juga tidak menyangka. Lalu, bagaimana caranya? Sediakan tiga ruas kencur. Masing-masing ukuran sedang. Cuci hingga tidak ada sisa tanah menempel. Kemudian, parut. Peras parutan kencur hingga mengeluarkan sari patinya.

Setelah sari patinya keluar, Anda bisa menambahkan satu gelas air hangat. Aduk lalu saring. Tambahkan garam sedikit. Aduk kembali lalu minum. Konsumsi air kencur ini secara rutin setiap hari. Rasakan khasiatnya.

Kencur Mengobati Masuk Angin

Masuk angin memang sangat mengganggu. Seseorang yang kena masuk angin, seluruh tubuhnya akan terasa tidak enak. Meriang, demam, pusing dan perut kembung. Berbagai pilihan obat masuk angin saat ini sudah lebih mudah ditemukan. Namun, tidak ada salahnya bukan jika mencoba ramuan kencur? Sebuah ramuan yang lebih alami tanpa proses pabrik?

Caranya sangat mudah. Bersihkan satu rimpang kencur. Pastikan benar-benar bersih dari tanah. Kemudian kunyah kencur tersebut. Untuk mengurangi sensasi rasa yang aneh, Anda bisa mengunyahnya dengan garam. Telah sarinya yang keluar dengan alami.

Kunyahan kencur yang sudah tidak ada saripatinya bisa Anda buang. Lalu, minum air hangat sebagai penyelesaian. Kunyah kencur pagi dan sore hari, badan Anda yang masuk angin akan segera terbebas dari angin.

Kencur Mengobati Keseleo

Beberapa aktivitas bisa menyebabkan risiko, salah satunya keseleo. Kaki yang keseleo akan terasa sakit dan yang pasti tidak nyaman. Caranya? Mudah sekali. Siapkan sejumput beras kemudian rendam. Akan lebih baik jika direndam selama satu malam. Karena beras nantinya akan mudah dihaluskan.

Kemudan satu rimpang kencur. Caranya, haluskan beras yang sudah direndam, tambahkan kencur. Uleg lebih halus. Setelah keduanya halus dan tercampur, Anda bisa menambahkan kayu putih agar lebih hangat. Balurkan sambil pijit bagian yang keseleo. Lakukan berulang kali hingga keseleo Anda sembuh.

Kencur untuk Perut Mulas

Beberapa ramuan kencur yang telah dijabarkan di atas juga bisa mengobati sakit pada perut, terutama mulas. Caranya, haluskan kencur yang telah dicuci bersih. Tidak perlu banyak-banyak. Cukup satu rimpang kencur. Peras-peras hingga keluar sari kencur, kemudian tambahkan dua sendok makan dan garam.

Aduk, kemudian saring. Minum air tersebut. Konsumsilah dua kali dalam sehari hingga perut tidak lagi terasa mulas.

Kencur untuk Diare

Diare akan membuat Anda dehidrasi jika dibiarkan. Untuk mengobatinya, sebenarnya ada beberapa alternatif. Yang paling terkenal bisa saja adalah dengan mengonsumsi jambu biji. Tapi, tahukah Anda bahwa kencur juga bisa membantu menyembuhkan diare?

Siapkan kencur tiga rimpang, cuci hingga bersih. Siapkan juga dua siung bawan merah yang telah dikupas. Haluskan kedua bahan dan bungkus menggunakan daun pisang. Garang bungkusan tersebut hingga daun terasa hangat dan sedikit gosong.

Angkat lalu keluarkan isinya, tambahkan kayu putih kemudian balurkan pada perut Anda.lakukan beberapa kali hingga perut terasa lebih baik.

Kencur untuk Mengobati Sakit Kepala

Anda yang rentan terserang sakit kepala, sebaiknya jangan terus-menerus mengonsumsi obat. Efek jangka panjang dari konsumsi obat sangat membahayakan. Lebih baik mulai dari sekarang, manfaatkanlah daun kencur. Caranya, haluskan dua hingga empat daun kencur, oleskan atau kompreskan daun kencur tersebut pada dahi. Lakukan hingga pusing mulai berkurang.

Kencur untuk Influenza

Selain batuk, kencur juga berkhasiat untuk meringankan influenza yang menyerang Anda. Caranya, siapkan rimpang kencur sebesar ibu jari, dan dua lembar daun kemukus. Haluskan kedua bahan dan tambahkan dua sendok air hangat. Oleskan air dari campuran tersebut ke bagian hidung.

Kencur untuk Radang Lambung

Khasiat kencur yang lainnya adalah dapat mengobati radang pada lambung. Caranya sebagian besar hampir sama dengan pengobatan untuk keluhan lainnya. Yaitu, sediakan dua rimpang kencur yang telah dicuci bersih. Lalu, kunyah. Buang ampas sisa kunyahannya. Lalu tawar dengan meminum air hangat. Kunyah kencur hingga radang Anda dinyatakan sembuh.

Khasiat kencur yang telah disebutkan di atas, menunjukkan bahwa betapa ajaibnya tanaman herbal yang satu ini. Meski bentuknya mungil, kencur memiliki khasiat yang luar biasa.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger