Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Dampak Polusi Air Bagi Kesejahteraan Masyarakat

Artikel terkait : Dampak Polusi Air Bagi Kesejahteraan Masyarakat

Kita biasa mengetahui ada tiga jenis polusi, yaitu polusi tanah, polusi udara, dan polusi air. Ketiga jenis polusi tersebut sama-sama memberikan dampak yang tidak baik bagi kehidupan di muka bumi, terutama dampak polusi air yang akan kita bahas berikut ini.

Dampak Polusi Air Bagi Kesejahteraan Masyarakat

Polusi bisa disebabkan oleh adanya aktivitas makhluk hidup terutama manusia. Dewasa ini seiring terus berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kehidupan manusia yang serba praktis dan instan ternyata memberikan efek samping, seperti polusi.

Pabrik-pabrik yang beroperasi dan menghasilkan berbagai jenis barang kebutuhan manusia juga menghasilkan berbagai jenis polusi. Walau sudah banyak pabrik yang memakai teknologi untuk mengolah limbah yang dihasilkannya, sehingga tidak begitu berbahaya, tetapi masih banyak pabrik bandel yang membuang limbah begitu saja tanpa didaur ulang terlebih dulu.

Dampak Polusi Air

Air merupakan salah satu komponen penting di bumi. Air juga menjadi bagian paling dominan yang menyelimuti bumi. Kita tentu sering mendengar atau membaca bahwa 70% bagian dari bumi adalah air.

Umumnya air terdiri atas dua bagian, yaitu air tawar dan air asin (air laut), tetapi kita juga mengenal jenis air payau yang merupakan pencampuran antara air tawar dan air laut.

Air yang dominan dikonsumsi oleh manusia, tumbuhan, dan binatang adalah air tawar yang berasal dari dalam tanah ataupun air yang mengalir dari pegunungan, air danau, air sungai, serta air hujan.

Pembangunan di mana-mana menyebabkan air hujan tidak bisa meresap ke dalam tanah dan tidak bisa disimpan di dalam tanah, berkurangnya luas hutan, sehingga air tanah semakin berkurang karena hutan yang seharusnya menjadi penjaga jumlah atau kadar air tanah sudah semakin menipis, serta limbah industri dan rumah tangga yang dibuang begitu saja ke tempat-tempat air berada, seperti sungai, danau, bahkan ke laut.

Pembuangan limbah, baik limbah cair ataupun padat secara langsung ke dalam air, baik itu sungai, danau, ataupun laut akan menyebabkan kerusakan pada air tersebut.

Dampak dari polusi air akan dirasakan oleh seluruh penghuni di bumi, manusia, tumbuhan, dan binatang. Hal ini tidak saja hanya akan merugikan kehidupan makhluk hidup, tetapi juga keseimbangan lingkungan darat, air, dan udara.

Kerusakan Kehidupan Biota Air

Limbah yang dibuang ke dalam aliran sungai ataupun laut bisa merusak kehidupan biota air di dalamnya. Limbah yang dibuang mengandung zat-zat yang bersifat racun bagi kehidupan biota air, khususnya tumbuhan dan binatang air.

Oksigen di dalam air semakin menipis dan kematian ikan serta udang tidak bisa dihindari lagi. Air yang sudah teraliri limbah sudah tidak layak huni bagi tumbuhan dan binatang air.

Limbah yang sudah sampai ke laut, baik itu melalui air sungai yang mengalir ke laut maupun limbah yang langsung dibuang ke laut akan merusak ekosistem air laut, dan bisa menyebabkan kematian masal hewan laut terutama ikan.

Tentu kita pernah mendengar beberapa kasus kematian ribuan ikan di sebuah pulau karena pembuangan limbah berbahaya ke laut. Hal tersebut tidak saja hanya merugikan ekosistem laut, tetapi juga merugikan negara dan tentunya kita semua.

Jumlah Air Bersih Berkurang

Dampak dari polusi air yang sangat dirasakan oleh manusia adalah jumlah air bersih yang semakin berkurang. Coba bayangkan, saat ini di beberapa wilayah di perkotaan, banyak penduduk yang menunggu penjual air keliling untuk bisa mendapatkan air bersih.

Hal tersebut dikarenakan kualitas air di rumah mereka sudah tidak bagus dan tidak memungkinkan untuk dikonsumsi. Beberapa kasus ditemukan air keran ataupun sumur-sumur memang masih jernih, tetapi berbau.

Ada yang tidak berbau, tetapi warna airnya mulai kekuningan. Terlebih bagi rumah-rumah penduduk yang berdampingan dengan pabrik-pabrik dengan kuantitas limbah cair yang banyak. Limbah-limbah tersebut merembes dan memengaruhi kualitas air tanah yang dikonsumsi oleh penduduk setempat.

Sungai-sungai di sebagian wilayah di Indonesia khususnya di perkotaan besar, seperti Jakarta sudah tercemar dan tidak layak konsumsi. Selain permasalahan sampah yang menumpuk, cairan limbah serta sampah cair rumah tangga semakin memperburuk kualitas air sungai. Warna, bau, serta rasa dari air sungai tersebut sudah tidak bisa ditoleransi.

Hal ini pun menyebabkan berbagai penyakit yang menjangkiti manusia. Bila manusia tetap memanfaatkan air sungai yang sudah tidak layak pakai tersebut untuk kebutuhan sehari-harinya, misalnya mandi, mencuci piring dan baju, membersihkan beras, membersihkan berbagai bahan makanan, serta kegiatan yang memakai air lainnya, berbagai jenis penyakit tengah menanti di depan mereka.

Kesejahteraan Masyarakat yang Terganggu

Terganggunya kehidupan di bumi menjadi salah satu dampak polusi air yang paling besar. Hal ini melingkupi seluruh kehidupan di bumi, tidak saja hanya kehidupan biota air, tetapi seluruh makhluk hidup maupun benda mati di bumi ini.

Kelangkaan air bersih berdampak pada jangka hidup makhluk hidup. Ketika air bersih semakin berkurang, makhluk hidup pun harus berjuang sekeras mungkin untuk bertahan dan berusaha menemukan sumber air bersih.

Terutama bagi binatang. Mereka mungkin tidak bisa seperti manusia yang bisa mencipakan alat untuk menyaring air kotor menjadi air bersih dan siap pakai. Binatang hutan yang sebagian besar sudah kehilangan rumah mereka, hutan, menjadi semakin kesulitan mendapatkan air bersih. Hal tersebut akan berdampak pada keseimbangan ekosistem di bumi.

Terganggunya kehidupan di bumi tidak saja hanya pada kehidupan ekosistemnya, tetapi pada kesejahteraan banyak orang. Kekurangan air bersih seperti banyak dirasakan terutama di wilayah perkotaan akan berdampak pada kesejahteraan kehidupan masyarakatnya.

Untuk bisa menikmati air bersih, masyarakat harus berjuang menempuh perjalanan jauh atau membelinya setiap hari dengan harga yang relatif tidak murah. Bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi rendah, beban mereka bertambah dengan harus membeli air untuk kebutuhan sehari-hari.

Mereka tidak mungkin akan sepenuhnya menggunakan air yang sebenarnya tidak layak pakai untuk memenuhi kebutuhan akan air setiap harinya. Mungkin mereka masih bisa menggunakan air tersebut untuk hanya sekadar mencuci atau mandi, akan tetapi untuk keperluan seperti air minum, memasak, dan mencuci bahan makanan, mereka memerlukan air yang bersih. Salah satu jalan adalah dengan membelinya.

Ketersediaan air bersih menjadi salah satu pengukur dari kesejahteraan masyarakat. Kebutuhan akan air bersih tidak bisa ditawar-tawar lagi. Pencemaran sungai-sungai serta sumber air akibat segala jenis limbah perlu diatasi secepat mungkin.

Salah satunya dengan mengolah limbah terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang, sehingga limbah yang dibuang tersebut tidak lagi membahayakan. Perlu adanya kerja sama antara pemerintah dengan pengusaha serta masyarakat dalam mengatasi limbah yang bisa menjadi polusi bagi sungai-sungai, laut, serta sumber air lainnya.

Menjaga kebersihan air terutama sungai pun perlu dilakukan masyarakat salah satunya dengan tidak menjadikan sungai sebagai tempat sampah. Sampah-sampah rumah tangga pun bisa menjadi polusi bagi sungai-sungai.

Dampak yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda dengan limbah cair walau mungkin limbah cair akan lebih berbahaya karena ikut larut secara langsung dengan air.

Berbagai cara dilakukan agar air bersih tetap bisa didapatkan dan dimanfaatkan. Mulailah lebih peduli dengan lingkungan dan bijak menggunakan sumber daya alam terutama air. Hal tersebut setidaknya bisa mengurangi dampak polusi air bagi kesejahteraan masyarakat.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger