Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Waspadai Bahaya Pil KB Bagi Kesehatan Anda

Artikel terkait : Waspadai Bahaya Pil KB Bagi Kesehatan Anda

Dewasa ini banyak alat kontrasepsi yang berkembang. Mulai dari kondom, suntik KB, pil KB sampai dengan KB spiral juga berkembang. Alat kontrasepsi diatas diciptakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan serta memfasilitasi pasangan yang memang merencanakan kelahiran dengan jangka waktu tertentu.

Waspadai Bahaya Pil KB Bagi Kesehatan Anda

Namun memang yang paling terkenal dan lebih sering dikenakan untuk program perencanaan keturunan ini adalah Pil KB. Banyak pihak setuju dengan pengenaan pil KB karena dinilai aman dan efektif untuk program perencanaan keturunan. Akan tetapi sebenarnya pil KB ini juga punya bahaya dan dampak bagi kesehatan itu sendiri. Mungkin anda mau tahu apa dampak kesehatan dari pil KB? Yuk simak informasinya!

Bahaya Pil KB Bagi Kesehatan

Disini kita akan berbagi informasi mengenai apa saja efek samping dari penggunaan pil KB untuk kesehatan. Salah satu bahaya pil KB untuk kesehatan diantaranya :

Masalah Menstruasi

Salah satu efek samping yang paling umum dari penggunaan alat kontrasepsi ini adalah gangguan menstruasi. Terkadang, hal yang umum terjadi adalah menstruasi yang tidak teratur disertai dengan kram dan sakit perut yang berkepanjangan.

Perforasi

Efek samping ini biasanya terjadi pada proses pemasangan alat kontrasepsi ini. Perforasi ini dapat menyebabkan pendarahan pada jaringan rahim dan tentu saja ini sangat berbahaya karena mengancam juga kesehatan rahim wanita.

Masalah Hormonal

KB Spiral juga mampu menyebabkan efek samping hormonal seperti mual, perubahan suasana hati, sakit kepala, jerawat dan juga menyebabkan nyeri payudara. Namun biasanya gejala ini akan hilang setelah beberapa bulan dari pemakaian KB Spiral.

Kista Ovarium

Pemasangan KB Spiral setelah kelahiran harus berhati – hati. Mengapa? Karena pemasangan KB Spiral setelah kelahiran juga mampu menyebabkan kista ovarium. Hal ini biasanya terjadi ketika alat ini mempengaruhi keadaan hormon progesteron anda.

Radang Panggul

Untuk pil KB khususnya KB Spiral pada dasarnya adalah benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu benda yang satu ini dapat menyebabkan iritasi karena tubuh menolak benda asing tersebut dan dapat menyebabkan radang panggul.

Itulah sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk anda mengenai Bahaya Pil KB Bagi Kesehatan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan waspada pada pemakaiannya ladies.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger