Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Manfaat Dan Khasiat Minyak Zaitun

Artikel terkait : Manfaat Dan Khasiat Minyak Zaitun

Manfaat dan khasiat minyak zaitun sudah dikenal sejak berbad-abad yang lalu. Minyak ini berasal dari buah zaitun yang pohonnya tumbuh banyak di kawasan Mediterania. Dalam sebuah artikel di medicalnewstoday.com meneybutkan bahwa masyarakat yang tinggal di daerah ini memiliki usia harapan hidup lebih lama serta rendahnya resiko terhadap serangan jantung juga tekanan darah tinggi dibanding masyarakat di Utara Eropa dan Amerika. Ternyata hal ini disebabkan oleh pola hidup masyarakat yang menggunakan minyak zaitun sebagi bahan utama pada setiap makanan mereka.
manfaat dan khasiat minyak zaitun
Minyak Zaitun

Lalu apa saja manfaat dan khasiat minyak zaitun yang kita bisa kita rasakan langsung jika mengonsumsinya dengan benar dan teratur? Berikut ulasannya.

Manfaat Minyak Zaitun di Dunia Medis

Manfaat minyak zaitun yang begitu terkenal sejak jaman dahulu mulai menggelitik para ahli medis untuk menggalinya lebih dalam. Ajaibnya, ditemukan banyak sekali kandungan yang hampir dari semua zat yang terkandungan di dalam minyak ini adalah baik. Tidak ada yang mubadzir bagi kesehatan tubuh kita, terutama untuk mengatur kadar gula, tekanan darah, dan kesehatan jantung. So, let’s read below to get more information!

1.    Mengurangi resiko jantung koroner 

Seperti yang sudah diketahui bahwa penyebab jantung koroner adalah dikarenakan penimbunan lemak pada pembuluh darah jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena pola hidup kita yang memang tidak sehat sama sekali. Salah satunya adalah mengkonsumsi junk-food ataupun makanan tinggi kolestrol lainnya. Minyak zaitun sendiri merupakan minyak yang mengandung banyak komposisi baik yang hampir tidak bercela. Hampir semua yang terkandung adalah baik, termasuk lemak dan kolestrol di dalamnya. Keduanya adalah lemak tidak jenuh dan kolestrol baik (HDL). Sehingga, mengganti minyak nabati biasa sebagai bahan utama penggorengan dengan minyak zaitun akan sangat membantu mengurangi resiko terkena jantung koroner.
manfaat dan khasiat minyak zaitun
Jantung Koroner

2.    Menurunkan kadar gula darah

Kandungan mono unsaturated fatty acid pada minyak zaitun berfungsi sebagai antidiabetik dan antioksidan yang sangat baik dikonsumsi penderita gula darah yang tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga berperan penting bagi penyembuhan kadar gula yang tinggi di daam darah karena mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

3.    Menurunkan hipertensi

Dalam jurnal “Pengaruh Suplementasi Minyak Zaitun Extra Virgin Terhadap Kolestrol Total dan Trigliserida Subjek Hiperkolesterolimia” yang diterbitkan pasca.unhas.ac.id menyebutkan bahwa adanya perbaikan kadar kolestrol total pada penderita hiperkolesterolemia setelah mengkonsumsi minyak zaitu extra virgin selama 6 minggu dalam dosis 4,8g dalam kapsul. Ini dikarenakan minyak zaitun mengandung zat-zatyang mampu berperan sebagai antioksidan juga squalen yang dapat meningkatkan eliminasi kolesterol melalui feces.
manfaat dan khasiat minyak zaitun
Hipertensi

4.    Mengurangi resiko al-zheimer

Ini dikarenakan minyak zaitu mengandung zat polifenol yang merupakan antioksidan kuat juga Oleochantal. Polifenol sangat berperan kuat dalam menghambat berbagai penyakit akibat penuaan, sednag oleochantal ampuh mengurangi beta amyloid pada otak yang menjadi penyebab alzheimer

5.    Mencegah penyumbatan darah

Segala kandungan zat yang bermanfaat dalam zaitu juga sangat bepengaruh terhadap pencegahan penyumbatan darah, baik itu HDL, lemak tak jenuh, fenol,vitamen E dan antioksidan. Semua zat tersebut dapat melawan lemak jenuh dan kolestrol jahat yang tertimbun di darah kita dan menyebabkan penyumbatan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Tubuh dan Kecantikan


Manfaat dan khasiat minyak zaitun juga bisa dirasakan pada kulit, rambut dan kuku kita. Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami, tidak akan menimbulkan efek buruk apapun. Tidak perlu khawatir dengan iritasi ataupun infeksi yang bisa ditimbulkan selama perawatan. Berikut beberapa manfaat dan khasiat minyak zaitun untuk perawatan kecantikan.

1.    Melembabkan dan menghaluskan kulit

Kandungan vitamin E dan zat-zat senyawa lainnya yang terkandung pada minyak zaitu sangat baik untuk merawat kulit. Minyak ini mampu menjaga kulit dari kekeringan dan tetap halus. Rahasia kecantikan kulit seorang Cleopatra pun ada pada minyak zaitun ini. Untuk mendapatkan kulit yang cantik dengan minyak ini, Anda hanya perlu mengoleskannya ke seluruh tubuh atau bagian tubuh yang diinginkan secara rutin lalu diamkan beberapa saat. Setelah agak lama, dan bilas dengan air hangat.

Seperti pernah  saya bahas mengenai menjaga dan mempertahankan kesegaran kulit secara alami, disitu sudah banyak tips yang saya bagikan tentang kesegaran kulit. Dan minyak Zaitun ini juga termasuk untuk menjaga kesegaran kulit kita setiap harinya.

2.    Menghilangkan noda bekas jerawat

Bagi Anda yang bingung bagaiman menghilangkan bekas jerawat, minyak zaitun adalah solusi terbaik. Tidak perlu perawatan mahal hingga menggunakan laser untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut. Anda haya perlu menggunakan minyak zaitun hangat untuk kemudian dioleskan secara rutin setiap hari ke bagian bekas jerawat tersebut. Atau Anda juga bisa mencampurnya dengan lemon maupun air sari mawar. Diamkan cukup lama lalu bilas kembali dengan air hangat.
manfaat dan khasiat minyak zaitun
Melawan Kerutan
Gimana teman masi adakah diantara kita yang masih susah untuk menghilngkan jerawat, memang jerawat sangat membuat kita risih. Apalagi kalau kita lagi jalan dengan teman2teman kita pasti kita akan menjadi minder, "betul tidak teman?" Nah bila teman masih bingung cara menghilangkan noda bekas jerwat bisa dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini. Dan di artikel saya sebelum ini saya juga udah pernah membahas pengobatan jerawat pada kulit dengan mengkonsumsi obat alami tersebut mudah-mudah an masalah teman-teman bisa teratasi ya.

3.    Anti aging alami

Karena sifatnya yang melembabkan kulit, maka minyak zaitun pun sangat berpengaruh besar sebagai penghambat penuaan dini, seperti keriput yang mulai muncul di beberapa bagian muka baik itu daerah sekitar dahi maupun mata. Minyak zaitun mampu menutrisi kulit dari luar dengan cara mengoleskannya pada wajah, dan dari dalam dengan mengkonsumsinya secara benar, baik dalam bentuk kapsul maupun minyak langsung.

4.    Melembabkan dan menyuburkan rambut

Selain menjaga keindahan kulit, minyak zaitun juga berperan penting dalam menjaga kesuburan, kelembaban, dan kelembutan rambut. Dengan memaskerkan minyak ini pada rambut sebelum berkeramas, Anda akan bisa mendapatkan rambut yang indah berkilau dan tebal.

Dalam menyuburkan rambut kita bisa juga mengkonsumsi buah pare, seperti kita ketahui sangat banyak manfaat pare utuk kesehatan dan kecantikan. Saya juga sudah banyak membahas manfaat buah pare di artikel sebelumnya, karna perlu juga kita ketahui lebih baik menggunakan bahan alami yang jelas kita ketahui dari mana asal usulnya, dari pada yang tidak.

5.    Membuat kuku tetap berkilau, lembab, dan kuat

Untuk mendapatkan kuku yang cantik dan sehat, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan dengan air hangat dan merendam kuku Anda di sana. Minyak zaitun dipercaya mampu membuat kuku tetap lembab, jauh dari jamur, tetap berkilau, dan kuat.
manfaat dan khasiat minyak zaitun
Untuk Kuku

Begitu banyak manfaat dan khasiat minyak zaitun bagi dunia medis dan kecantikan. Mengkonsumsinya sebagai pengganti minyak goreng biasa membantu kita untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan darah, jantung, otak, bahkan kanker. Karena oleochantal yang terkandung di dalamnya bahkan mampu menghancurkan sel kanker hanya dalam kurun waktu tiga puluh menit.

Di dunia kecantikan pun manfaat dan khasiat minyak zaitun sudah dikenali dan digunakan sejak berabad yang lalu, terutama oleh wanita tercantik yang melegenda, Cleopatra. Para ratu dari belahan duni lain pun menggunakan minyak zaitun sebagai rahasia awet muda mereka.

Dalam masyarakat muslim sendiri, minyak zaitun merupakan minyak yang sangat dianjurkan untuk digunakan sehari-hari, baik sebagai makanan maupun perawatan kulit dan rambut, seperti yang disunahkan Rasullah. Pohon zaitun juga merupakan salah satu buah yang banyak diberkahi Tuhan, sehingga tidak heran banyak ayat dalam Al-qur’an yang menyebutkan pohon dan buah zaitun di dalamnya. 

Namun, mengkonsumsi minyak zaitun harus tetap diimbangi gaya hidup sehat lainnya, seperti olah raga, pola makan sehat, dan istirahat yang cukup. Tidak ada salahnya menerapkan pola makan masyarakat Mediterania yang menggunakan minyak ini sebagai bahan utama hampir di setiap makanan. Mengurangi karbohidrat yang tinggi seperti nasi dan memperbanyak serat.

Sekian artikel saya mengenai manfaat dan khasiat minyak zaitun, kiranya artikel ini dapat membantu teman-teman agar tetap sehat dan tetap semangat dalam hidup. Jangan lupa untuk dishare ya teman agar teman kita yang lain mengetahuinya, terimaksih.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger