Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Artikel terkait : Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Sirsak, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Tekanan Darah Tinggi

Sirsak merupakan salah satu jenis buah tropis dengan daging berwarna putih dan rasa agak masam. Daging buahnya lembek dan berserat lembut. Buah sirsak bisa dimakan langsung, bisa juga diolah menjadi jus atau diambil sarinya. Pada belakangan waktu ini, ada tren herbal yang memanfaatkan daun buah sirsak sebagai salah satu cara untuk metode pengobatan.
10 Manfaat Daun Sirsak, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Tekanan Darah Tinggi
Daun Sirsak
Daun sirsak yang digunakan adalah daun yang bentuk fisiknya baik (tidak cacat), bebas dari serangan hama, dan tidak terlalu tuan daunnya. Para praktisi pengobatan dan industri herbal biasanya memilih daun sirsak pada lembar ke 4-6 dari pucuk, dimana daun berada pada posisi tersebut dianggap memiliki kandungan zat aktif yang paling baik. Berikut ini ulasan dari beberapa manfaat daun sirsak yang bisa dijadikan informasi:

1.    Membantu mengobati asam urat

Cara yang dilakukan adalah menggunakan 6 hingga 10 daun sirsak yang sudah cukup tua namun masih hijau. Daun-daun tersebut dibersihkan dengan dicuci sampai bersih. Selanjutnya daun sirsak tersebut dipotong-potong agar kandungan zat dalam daun lebih mudah untuk keluar. Potongan daun sirsak ditambahkan air kira-kira sebanyak 2 gelas, dan dilanjutkan dengan proses perebusan. Campuran air dan daun direbus hingga mendidih dan meninggalkan cairan tersisa 1 gelas. Ramuan tersebut diminum sehari 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari.
10 Manfaat Daun Sirsak, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Tekanan Darah Tinggi
Air rebusan daun sirsak
2.    Membantu mengobati kanker

Pada beberapa berita, manfaat daun sirsak diteliti mempunyai kekuatan 100 kali kemoterapi untuk melawan kanker. Daun sirsak mengandung zat annonaceous acetogenins dipercaya 10.000 kali lebih kuat sebagai senjata ampuh membunuh sel kanker. Daun sirsak efektif membunuh sel-sel jahat 12 jenis kanker yang sering diderita manusia, antara lain leukemia, kanker paru-paru,kanker serviks, kanker pankreas, kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat.Caranya, ambil 10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas, minum 2 kali setiap hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi yang hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal dalam tubuh penderita kanker.

3.    Membantu mengobati diabetes

Kadar gula darah yang normal adalah berada pada kisaran 70 – 120 mg. Bagi orang yang menderita diabetes memiliki kadar gula berlebih di atas kisaran kadar gula darah normal. Untuk solusi herbal, daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah tersebut. Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh bisa dinetralkan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya dengan menggunakan 2 – 5helai daun sirsak yang telah dicuci bersih. Daun tersebut direbus menggunakan air sebanyak 3 gelas. Dibiarkan mendidih hingga tertinggal airnya sebanyak 1 gelas. Ramuan ini diminum secara rutin pagi hari dan malam hari secara rutin 3-4 hari. Untuk mengetahui hasilnya bisa dilakukan pengecekan kadar gula darah.

4.    Membantu mengobati rematik

Rematik atau nyeri artitris juga bisa diobati memanfaatkan daun sirsak. Selain diminum air rebusannya, pengobatan rematik dilakukan dengan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit rematik. Caranya menggunakan beberapa lembar daun muda sirsak secukupnya yang telah dibersihkan. Selanjutnya daun tersebut ditumbuk halus, dan bisa dibubuhkan pada bagian tubuh yang terasa sakit secara teratur dua kali sehari. Setelah dioleskan kemudian didiamkan selama beberapa menit hingga olesan daun agak kering.

5.    Membantu mengobati eksim pada kulit

Manfaat daun sirsak berikutnya mirip dengan pengobatan rematik, penggunaan daun sirsak muda bisa pula digunakan untuk mengobati penyakit kulit eksim. Caranya pun sama dengan menghaluskan daun sirsak muda yang telah dibersihkan, dan dioleskan pada bagian kulit yang menderika eksim secara rutin 2 kali sehari.

10 Manfaat Daun Sirsak, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Tekanan Darah Tinggi
Manfaat daun sirsak

6.    Membantu mengobati batuk ringan

Jika mengalami batuk, daun sirsak dapat membantu menyembuhkannya agar tidak sampai menjadi lebih parah. Caranya dengan mengambil 7 lembar daun sirsak muda, dan dibersihkan. Daun tersebut diremas-diremas dan diambil sarinya dengan cara ditampung airnya. Sari daun sirsak muda ini diminum setiap pagi sebelum makan.

7.    Membantu menghilangkan kutu rambut dan ketombe

Kutu rambut atau ketombe merupakan gangguan yang terdapat pada kulit kepala. Kepala akan terasa gatal, apalagi jika cuacanya panas. Untuk mengatasi adanya kutu rambut dan ketombe ini, daun sirsak bisa dimanfaatkan. Cara penggunaannya dengan merebus daun sirsak secukupnya yang telah dibersihkan. Direbus kira-kira selama 10-20 menit, air rebusan tersebut digunakan saat keramas. Mencuci rambut dengan air rebusan daun sirsak dapat membantu menghilangkan parasit termasuk kutu dan ketombe yang tumbuh di kulit kepala.

8.    Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat daun sirsak juga dipercaya sebagai senjata menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dengan cara meminum air rebusannya. Sumber kolesterol jahat ini berasal dari bahan makanan, terutama gorengan, contohnya bebek goreng, ayam goreng, gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak. Cara mengatasinya dengan menggunakan kira-kira 10 helai daun sirsak yang sudah cukup tua namun masih hijau. Setelah dibersihkan dengan dicuci sampai bersih, daun tersebut direbus bersama-sama dengan penambahan air kira-kira sebanyak 2 gelas. Dibiarkan hingga tersisa 1 gelas. Ramuan tersebut diminum sehari 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari.

9.    Membantu mengobati wasir

Wasir disebut juga dengan istilah ambeien. Selain menghindari makanan yang pedas dan terlalu asam, bisa pula pengobatannya dibantu dengan menggunakan rebusan daun sirsak. Caranya dengan menggunakan 10 helai daun yang telah dicuci bersih dan ditambahkan dengan 3 gelas air untuk direbus bersama-sama. Proses perebusan dilakukan hingga tersisa air rebusan tersisa 1 gelas. Ramuan ini diminum saat dingin 1 kali sehari hingga wasir yang diderita berangsur menghilang.
10 Manfaat Daun Sirsak, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Tekanan Darah Tinggi
Panen Daun Sirsak
 10.    Membantu mengobati tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau juga dikenal dengan istilah hipertensi, memicu keadaan yang berbahaya yaitu penyakit berupa stroke. Pemanfaatan daun sirsak untuk hipertensi bisa dilakukan dengan penambahan bawang putih. Caranya dengan mengambil 10 lembar daun sirsak yang telah dibersihkan dicampuran dengan irisan 2 – 3 siung bawang putih. Campuran tersebut ditambahkan air kira-kira 3 gelas dan dididihkan secara bersama-sama dan tertinggal hingga sisa 1 gelas cairan. Setelah disaring bisa diminum 2 kali sehari satu gelas.

Selain itu, cara lain ada juga yang menggunakan tambahan daun alpukat. Kedua jenis daun tersebut dibersihkan dan direbus bersama-sama menggunakan air. Takarannya juga hampir sama. Setelah disaring, air rebusan daun tersebut diminum teratur, mampu menurunkan tekanan darah.

Saat ini penggunaan daun sirsak telah meluas di masyarakat. Para pelaku herbal, mengambil manfaat daun sirsak ini dengan cara lebih praktis, contohnya berupa teh daun sirsak dan juga kapsul daun sirsak. Khasiat teh daun sirsak dipercaya bisa membantu menyembuhkan kanker, menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi dan gondok. Selain sebagai pengobatan, teh daun sirsak dikonsumsi sebagai cara pencegahan atau suplemen untuk menjaga tubuh agar lebih bugar dan sehat. Jika dalam bentuk kapsul, daun sirsak diambil ekstraknya atau sarinya sehingga memudahkan untuk mengkonsumsi.
Teh daun sirsak
Berikutlah artikel saya mengenai obat sehat secara alami dengan daun sirsak, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman. Jangan lupa untuk share artikel ini ya teman, agar teman atau pun saudara kita yang terkena salah satu penyakit diatas bisa sehat.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger