Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Artikel terkait : Manfaat Pare Untuk Kesehatan

10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan di Balik Rasanya yang Pahit

Buah pare memiliki kekhasan dari segi rasa, yaitu pahit. Beberapa orang mengkonsumsi pare sebagai sayur yang ditambahkan dalam makanan pokok, nasi. Rasa pahit pada pare ini bisa diminimalisir, biasanya dilakukan dengan penambahan garam yang dilanjutkan dengan meremas-remas pare secara merata. Di balik rasa pahit buah dengan bentuk bergelombang khas ini, menyimpan khasiat sebagai manfaat jika dikonsumsi. Berikut ini paparan tentang manfaat pare untuk kesehatan:
10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan di Balik Rasanya yang Pahit
Buah Pare
1.    Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah pare memiliki kandungan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Vitamin C merupakan salah satu zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan imunitas yang baik maka seseorang tidak akan mudah terserang penyakit, serta menangkal radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk bisa merasakan manfaat buah pahit ini, maka bisa dikonsumsi sebagai sayur sebagai menu harian makan dengan berbagai cara pengolahan yang menggugah rasa.

2.    Membantu pengobatan diabetes tipe 2

Orang yang memiliki kadar gula berlebihan sehingga berpotensi menderita diabetes tipe 2. Tipe diabetes ini terjadi karena adanya penurunan produksi insulin dalam tubuh. Keadaan mengakibatkan insulin berjalan tidak maksimal atau tubuh berada kurang peka terhadap insulin,istilahnya disebut resistansi insulin.
10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan di Balik Rasanya yang Pahit
Jus Pare
Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi pare, baik dikonsumsi sebagai sayur ataupun bisa dalam bentuk jus pare. Kandungan phytonutrisi, polipeptida-P merupakan zat yang bisa membantu penurunan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes tipe 2 ini. selain itu terdapat pula kandungan senyawa charntine, yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi pare bisa juga dilakukan sebagai upaya pencegahan, sehingga tidak harus menunggu hingga sakit dahulu.

3.    Membantu penyembuhan gangguan pernafasan

Berikutnya, manfaat pare untuk kesehatan pernafasan yang mulai terganggu. Cara terbaik dalam mendapatkan manfaat adalah saat pare dalam keadaan segar. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk jus segar atau dimakan mentah. Ada pula hasil studi yang menyatakan bahwa pare dapat merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan memudahkan masuknya aliran udara ke dalam jalan pernafasan. Hal ini lah yang membantu bagi penderita gangguan pernafasan.
4.    Membantu menurunkan berat badan

Buah pare memiliki khasiat dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dipercaya pula mampu menghilangkan lemak dalam tubuh. Mengkonsumsinya dengan teratur bermanfaat untuk membantu program diet dan dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan bagi yang ingin menjalankan program penurunan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam secangkir jus pare memiliki 16 kalori dengan mengkonsumsinya bisa digunakan dalam  mengontrol nafsu makan dan membuat cepat kenyang. Menghadirkan pare di dalam menu makan membantu dalam mendapatkan berat badan yang ideal.

5.    Membantu pengobatan jerawat pada kulit

Timbulnya jerawat pada kulit terutama wajah bisa mengurangi nilai estetikanya. Buah pare bisa digunakan sebagai solusi kulit yang berjerawat untuk mendapatkan kecantikannya lagi. Buah pahit ini mengandung vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, dan beta-karoten. Untuk kesehatan mata Beta-karoten sangat baik. Selain itu zat ini membantu mengatasi jerawat yang membandel.
10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan di Balik Rasanya yang Pahit
Jus Pare
Kandungan vitamin C dalam buah pare mampu menjaga kecantikan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultra violet. Sebagai upaya pencegahan dan pengobatan menghilangkan jerawat, cara yang bisa dilakukan dengan cara meminum jus pare atau membuat masker dari buah pare. Penggunaannya adalah buah pare yang masih segar dibersihkan bijinya dan dipotong-potong. Potongan tersebut dibuat jus dengan diblender hingga halus, kemudian diperas, dan diambil airnya untuk diminum. Ampasnya dapat digunakan sebagai masker dioleskan ke permukaan wajah.

6.    Membantu pengobatan sembelit atau wasir

Pare merupakan buah yang kaya akan kandungan serat namun rendah kalori. Kandungan serat inilah yang jika dikonsumsi dapat membantu pencernaan. Di balik rasanya yang pahit, pare ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Pare mampu merangsang enzim dalam perut serta menjaga gerakan usus sehingga memudahkan sisa makanan dikeluarkan lewat dubur (anus), sehingga membantu mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit.
10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan di Balik Rasanya yang Pahit
 Buah Pare
Zat anti inflamasi juga terkandung dalam pare, bisa membantu meringankan gejala wasir. Cara yang dilakukan adalah membuat pasta dari akar tanaman pare untuk diterapkan secara topikal. Cara ini membantu untuk mengurangi peradangan, rasa sakit dan pendarahan saat menderita wasir. Pengobatan akan menjadi maksimal dengan meminum jus pare.

7.    Mambantu memerangi HIV / AIDS

Buah pare mengandung zat protein alpha-momocharin atau MAP 30, fungsinya mampu membatasi perkembangan HIV. Hal ini didukung penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap HIV / AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut mengalami peningkatan.

8.    Membantu penyembuhan kanker

Manfaat pare untuk kesehatan, utamanya karena adanya kandungan zat antioksidan. Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan dalam pare juga dapat membantu menghancurkan radikal bebas penyebab penyakit kanker. Beberapa ahli yang mempelajari khasiat pare ini menyatakan bahwa buah ini merupakan agen anti tumor dan anti karsinogenik.
10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan di Balik Rasanya yang Pahit
Biji Pare
Ada relasi positif pada sejumlah penelitian antara makan pare dengan pencegahan atau pengurangan pertumbuhan tumor ganas seperti kanker prostat, kanker serviks, dan kanker payudara. Buah pare mempunyai kemampuan untuk menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker saat mengkonsumsinya. Sekali lagi, memakan pare untuk kebutuhan sayur sehari-hari jangan hanya menunggu saat sakit. Mencegah masih lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, untuk mendapatkan efek antioksidan yang mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, sering-seringlah menambahkannya dalam menu makanan sehari-hari.

9.    Menyuburkan rambut

Selain buahnya, daun tanaman pare juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, yaitu untuk kesuburan dan menghitamkan rambut. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan segenggam daun pare yang sudah dicusi dengan bersih. Daun pare tersebut kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk hingga menyerupai bubur. Setelah itu ditambahkan air dengan ukuran volume 3/4 gelas. Campuran tumbukan daun dengan air ini dibiarkan semalaman. Penggunaannya pada rambut dengan mengambil air saringannya untuk dipakai saat membasuh kulit kepala. Selain daunnya, manfaat pare untuk kesehatan rambutdengan dibuat jus, kemudian diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala.
10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan di Balik Rasanya yang Pahit
Daun dan Buah Pare
10.    Membantu mengobati cacingan

Pare bisa dimanfaatkan untuk mengobati cacingan, terutama yang terjadi pada anak-anak. Pengobatannya dilakukan dengan menggunakan biji buah pare. Caranya adalah dengan menggunakan 2-3 biji pare yang ditumbuk halus dan ditambahkan dengan sedikit air matang. Air campuran tersebut diminum dan dilanjutkan dengan minum air hangat. Ramuan ini adalah sebagai pengobatan infeksi cacing gelang. Selain biji, daunnya pun bisa dimanfaatkan. Caranya dengan menggunakan daun pare segar sebanyak 7 gram, diseduh dengan tambahan 1/2 cangkir air panas. Setelah ramuan dingin, dilanjutkan airnya disaring, ditambahkan 1 sendok teh madu. Ramuan ini diminum sebelum makan pagi.

Berikutlah manfaat pare untuk kesehatan, dan dari artikel diatas maka buah pare bisa digolongkan pada obat sehat secara alami. Jangan pernah sepele terhadap suatu penyakit, kita lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kiranya artikel ini bisa membantu teman-teman yang memerlukan informasi tentang manfaat buah pare. Dan jangan lupa share artikel ini ya teman, siapa tau ada teman kita yang sedang membutuhkan informasi manfaat buah pare ini, Terimakasih.

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

2 comments:

  1. Wa ternyata pare itu banyak juga ya mbak manfaatnya, saya baru tahu tuh mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sangat banyak manfaatnya, semoga berguna y mas artikel nya.

      Delete

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger