Membahas Tentang Tips dan Trick Kesehatan Beserta Segala Macam Jenis Penyakit

Makanan Penyebab Bau Mulut

Artikel terkait : Makanan Penyebab Bau Mulut

10 Makanan Penyebab Bau Mulut dan Sumbernya

Apa Anda pernah mengalami bau mulut? I bet, you have. Ini pertanda bahwa sekarang sudah saatnya untuk Anda mulai mengurangi konsumsi makanan penyebab bau mulut yang dapat membuat suasana menyenangan di sekitar Anda berubah menjadi suram seketika. No, it mustn’t happen.
makanan penyebab bau mulut
Bau Mulut
Makanan penyebab bau mulut ini sebenarnya tidak bisa dijadikan tersangka utama sebagai sumber bau pada mulut Anda. Bisa jadi, justru memang keadaan tubuh Anda lah yang tidak nyaman atau sedang dalam kondisi yang begitu sensitif terhadap suatu zat yang terkandung di dalam makanan tersebut sehingga menimbulkan bau tak sedap pada mulut.

Sulfur, Sumber Bau Pada Makanan

Makanan penyebab bau mulut umumnya terjadi karena makanan tersebut memiliki kandungan sulfur yang kuat. Kandungan inilah yang menjadi sumber utama penyebab bau pada makanan. Ada begitu banyak makanan yang mengandung sulfur, diantaranya telur, daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Namun berikut adalah beberapa makanan dengan kandungan sulfur sangat kuat hingga menimbulkan bauyang betah bertahan hingga berjam-jam di dalam mulut.

-    Durian

Meskipun menimbulkan bau tak sedap pada mulut, buah lokal dengan jumlah penggemar yang tinggi ini juga memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya mampu menurunkan depresi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta membuat badan tidak mudah capek. Cara untuk menghilangkan bau mulut selepas mengkonsum buah ini adalah dengan meminum air putih yang dituangkan pada cekungan bagian dalam kulit durian atau biasa disebut dengan lundang.

makanan penyebab bau mulut
Durian
-    Petai

Selain baunya yang menyengat, petai ternyata memiliki manfaat yang baik bagi para penderita diabetes karena biji petai mampu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, khususnya petai selok atau petai china. Cara menghilangkan bau menyengat petai pada mulut bisa dengan menggosok gigi, mengunyah butiran beras, dan berkumur dengan daun sirih.
makanan penyebab bau mulut
Petai

-    Jengkol

Bau menyengat pada jengkol tidak lantas menjadikannya kehilang penggemar. Orang-orang menikmatinya sebagai makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatantulang dan rambut, juga menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Anda bisa mensiasati bau mulut akibat mengkonsumsi biji ini dengan memakan satu sendok penuh serbuk kopi hitam (tanpa diseduh).

-    Bawang putih

Walau kecil, namun manfaat dari bawang putihlah sangatlah besar, yakni sebagai anti kanker yang sangat kuat. Mengkonsumsi bawang putih berlebihan bisa menyebabkan mulut berbau tidak sedap, bahkan mampu bertahan hingga 72 jam. Namun, Anda bisa menghilangkannya dengan langsung mengonsumsi teh hijau, serbuk kopi, ataupun daun herba seperti basil dan peterseli.
makanan penyebab bau mulut
Bawang Putih
-    Bawang merah

Selain memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, bawang merah ternyata dapat menjadi penangkal virus karena sifatnya yang mampu menekan pertumbuhan bakteri berbahaya dan membunuh mikroba. Hal ini ditemukan pertama kali oleh seorang dokter yang menangani virus flu di Spanyol hampir seabad yang lalu. Ia menemukan seorang keluarga selamat dari virus mematikan itu akibat bawang merah yang ditaruhnya di ruangan rumah.
Untuk menghilangkan bau menyengat dimulut akibat mengkonsumsi bawang merah tidak jauh berbeda dengan cara menghilangkan bau akibat bawang putih, yaitu dengan mengkonsumsi teh hijau, teh herba, ataupun teh dengan daun mint.

GERD, Penyebab Bau Mulut Utama dan Makanan yang dihindari
Penyebab bau mulut lainnya berasal dari kondisi tubuh kita sendiri yang sedang tidak begitu sehat, salah satunya adalah naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Jika hal ini terjadi pada Anda maka sebaiknya hindari makanan penyebab bau mulut yang bersumber dari meningkatkanya kadar asam lambung tersebut.

-    Makanan masam

Makanan masam ini bisa berupa apa saja, baik itu buah-buahan, sayur-sayuran, permen, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang memiliki masalah refluks ada baiknya mengurangi banyak makanan masam ini karena bisa memperparah keadaan asam lambung Anda, alih-alih menyehatkan tapi justru malah membahayakan. Asam yang naik hingga ke mulut bukan hanya bisa mebuat bau mulut tetapi juga kerusakan pada gigi.

-    Makanan pedas

Makanan pedas yang kita konsumsi ternyata mampu membuat asam lambung meningkat. Jadi sebaiknya hindari makanan dari olahan yang menggunakan cabe sangat banyak, seperti rendang, sambal, saus, dsb.

-    Daging merah

Daging merah merupakan salah satu makanan yang sulit untuk dicerna, dan hal inilah yang merangsang naiknya asam lambung begitu cepat. Selain itu, sisa daging di dalam pencernaan yang tidak ikut tercerna dengan baik akan menimbulkan bau tidak enak yang akan keluar dari mulut maupun keringat.

-    Susu

Kandungan lemak yang tinggi pada susu yang akan menyebabkan asam lambung naik dengan mudah. Maka, bagi kalia yang mengalami masalah asam lambung sebaiknya hindari susu sebagai penghilang bau mulut dari bawang-bawangan, karena hal tersebut justru akan menambah bau mulut Anda semakin parah.

-    Kaffein

Bukan hanya minum kopi yang mampu meningkatkan produksi asam lambung pada tubuh, tetapi juga segala jenis olahan dari kopi ber-kaffein, baik itu kue dan yang lainnya. Hindarilah minuman dan makanan yang mengandung zat ini, karena selain mampu membuat asam lambung naik hingga tenggorokan dan menyebabkan bau mulut, mengkonsumsi kopi pada penderita refluks gastroesofageal akan menimbulkan rasa sesak, engap, dan terbakar pada dada.
makanan penyebab bau mulut
Kopi


Itulah ke-10 makanan penyebab bau mulut yang umum kita temui. Makanan penyebab bau mulut yang berasal dari kandungan sulfur sebaiknya tidak kita pandang sebelah mata karena manfaatnya yang ternyata begitu banyak bagi kesehatan. Namun, hindari konsumsi yang berlebihan, selain menimbulkan bau tidak sedap, makanan tersebut juga mengandung unsur gas yang lumayan tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi penderita sakit magh.

Sedangkan makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik secara berlebihan pada penderita gastroesofagael reflux disease (GERD) sebaiknya dikurangi, menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolah raga dan mengkonsumsi banyak air putih. Sehingga asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan dapat diminimalisir begitu pula bau pada mulut. Bau pada mulut bukan hanya disebabkan kedua faktor diatas, tetapi juga bisa karena kesehatan gigi dan gusi yang mulai memburuk.

Jika hal ini terjadi segeralah periksakan diri ke dokter dan hindari makan makanan yang mengandug gula cukup tinggi. Selain itu, sariawan, mulut kering, juga bakteri yang tumbuh pada mulut bisa saja menjadi sumber utama bau tersebut. Umumnya penyebab mulut kering dan bakteri timbul dengan mudah pada perokok aktif dan peminum alkohol. Ada baiknya kebiasaan buruk itu dikurangi, bahkan dihentikan. Karena selain dapat menimbulkan bau mulut dan rasa tidak nyaman pada lingkungan sekitar, merokookk dan meng-konsumsi alkohol juga merupakan pola hidup yang buruk dan dapat membunuh organ-organ dalam tubuh secara perlahan.

Mulailah melakukan pola hidup sehat dari sekarang dan berhentilah rakus terhadap makanan penyebab bau mulut kendati itu yang Anda sukai, karena segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan kerugian yang besar, bukan manfaat. Sekian dulu artikel saya mengenai penyebab bau mulut, kiranya artikel ini dapat membantu teman-teman semua. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ya, terimakasih

Artikel Kesehatan Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Copyright © Kesehatan Kita All rights reserved | Design by OnlinePlus - Tips Blogging & Blogger